Selasa, 23 Oktober 2012

menganalisa network atau jaringan dengan wireshark


fungsi dari wireshark sebagai salah satu network analysis tool.melakukan capture dengan wireshark. wireshark adalah salah satu network analysis tool, atau disebut juga dengan

protocol analysis tool atau packet sniffer. wireshark dapat digunakan untuk troubleshooting jaringan, analisis, pengembangan software dan protocol, serta untuk keperluan edukasi dan keperluan lainya yang bias bermanfaat bagi semua. wireshark merupakan software gratis, sebelumnya, wireshark dikenal dengan nama ethereal. packet sniffer sendiri diartikan sebagai sebuah program atau tool yang memiliki kemampuan untuk ‘mencegat’ dan melakukan pencatatan terhadap traffic data atau jalur dalam jaringan. selama terjadi aliran data dalam, packet sniffer dapat menangkap pdu, melakukan dekoding serta melakukan analisis terhadap isi paket berdasarkan spesifikasi rfc atau spesifikasi-spesifikasi yang lain. wireshark sebagai salah satu packet sniffer diprogram sedemikian rupa untuk mengenali berbagai macam protokol jaringan. wireshark mampu menampilkan hasil enkapsulasi dan field yang ada dalam pdu. baik kita mulai dengan nenginstall wireshark.

pilih system operasi yang biasa saya gunakan di sini saya menggunakan windows 7 64 bit. jika sudah selesai di install aplikasi wiresharknya maka tampilannya akan seperti ini:



cara membuka aplikasi wireshark 
  1. klik star
  2. klik all program
  3. pilih wireshark 



pada bagian ini akan diberikan bagaimana menggunakan wireshark serta contoh melakukan capture pdu.
  1. gunakan aplikasi wireshark
  2. untuk melakukan capture dengan cara memilih pilihan yang tersedia pada aplikasi tersebut, lalu pilih menu


untuk menampilkan record atau rekaman mala saya harus menuju options dan ikuti seperti gambar berikut ini. lihat ia dengan baik - baik:




setelahkita lakukan maka itu tekan start untuk menjalankan analisisnya pada aplikasi tersebut. kita bisa lihat pada gambar berikut ini

sudah terlihat kan aktifitas network nya.. hahah. kalian biasa meniru cara saya  untuk belajar..

kalau ingin lihat pc atau laptop yang sedang networking kita cukup ping ip pcsebelah kita (jika ada di dalam satu jaringan)
maka semua aktivitas bisa kita lihat..
hahah

selamat mencoba ia...